Apa itu eSIM, bagaimana cara kerjanya dan mengapa itu penting bagi Anda


Dalam beberapa minggu terakhir Google dan Apple membawa eSIM menjadi sorotan dengan memasukkannya dalam peluncuran produk terbaru mereka, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, dan Apple Watch Series 3 dengan Seluler.
ESIM memberi kami pengalaman pelanggan yang lebih baik dan lebih aman, perangkat yang dirancang lebih baik, membuka peluang pasar baru bagi operator dan memungkinkan seluruh kategori baru perangkat yang terhubung. Mari kita jelajahi bayi ini dengan sedikit lebih detail.
Harap sertakan kami untuk beberapa paragraf berikutnya, saat kami melihat ke masa lalu.
Kartu SIM  menyimpan informasi khusus jaringan yang digunakan untuk mengautentikasi dan mengidentifikasi pelanggan di jaringan seluler dan selama 27 tahun terakhir telah terdiri dari kartu fisik yang berisi chip yang harus dimasukkan ke dalam telepon.
Anda mungkin atau mungkin tidak ingat, tetapi pada tahun 1991, kartu SIM yang Anda masukkan ke dalam ponsel Anda adalah ukuran kartu kredit! Pada tahun-tahun berikutnya ukuran kartu SIM yang rendah hati telah berkurang secara dramatis.
Karena produsen terus berusaha untuk membuat perangkat yang lebih kecil, lebih ramping dan lebih ringan dengan lebih banyak fitur, ruang adalah premium mutlak. Bahkan jack headphone yang sederhana mulai menghilang untuk menyelamatkan milimeter yang berharga, meskipun para sinis di antara kita mungkin mengatakan itu adalah menjual headphone nirkabel.

Tentunya Nano-SIM, yang memiliki panjang 12,30 mm dan lebar 8,80 mm cukup kecil? Namun, sebagai perancang industri, Anda harus ingat bahwa itu bukan hanya ukuran kartu SIM itu sendiri tetapi juga ruang yang diambil oleh perangkat keras internal dan sirkuit yang perlu ditampung. Selama bertahun-tahun, manufaktur harus merancang dan mengakomodasi kartu SIM fisik melalui baki kartu SIM atau slot internal lainnya. Dalam upaya untuk ponsel yang lebih tahan lama dan tahan air, semakin banyak titik masuk yang dapat dihapus semakin baik.

Lebih penting lagi, jika Anda ingin mengubah operator baik setelah kontrak Anda berakhir atau Anda bepergian berlibur, Anda harus pergi dan mencari SIM baru. Di bagian dunia tertentu, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Itu semua berubah. Dalam beberapa tahun terakhir Apple memperkenalkan Apple SIM untuk digunakan di iPad dan ketika kami memimpin, Google dan Apple telah memasukkan eSIM sebagai bagian dari peluncuran produk barunya.
Apa itu eSIM?

ESIM / Embedded SIM, atau karena lebih dikenal secara resmi, tertanam Universal Integrated Circuit Card (eUICC), lebih kecil lagi dengan panjang 6 mm dan lebar 5 mm dan disolder ke motherboard perangkat pada titik manufaktur saat memiliki fungsi yang sama dengan SIM yang dapat dilepas. Ini memiliki kemampuan M2M (Machine to Machine) dan Remote Provisioning. Sekarang standar GSMA, itu tidak akan lama sebelum kita melihat eSIM menjadi standar di handset tingkat atas lainnya dari Apple dan Samsung, dengan cepat diikuti oleh yang lain.

Kemampuan Provisioning Jarak Jauh dalam standar eSIM memberi kami pengalaman pelanggan yang ditingkatkan saat mengaktifkan dan mengelola telepon kami. Melalui pengaturan telepon kami, kami dapat memilih operator kami dan apa rencana yang kami inginkan dan hanya itu.

Pada tahun ini Mobile World Congress, dalam Seminar GSMA, Thomas Henze, Direktur Program eSIM, Inovasi Produk, Deutsche Telekom mendemonstrasikan mengaktifkan teleponnya melalui pemindaian kode yang dalam demonstrasi adalah bagian dari surat fisik dari seorang operator. Dalam demo lain, skenario dimainkan di mana melalui Kode Aktivasi Universal, lagi-lagi digunakan dengan pemindaian, kita dapat mengaktifkan sebanyak mungkin telepon yang kita inginkan.

Diambil pada kesimpulan logisnya, dalam skenario yang saya jelaskan sebelumnya ketika bepergian, telepon Anda akan tahu bahwa itu telah mengubah lokasi dan menawarkan sejumlah operator dan rencana lokal. Meskipun terdengar hebat dalam teori, kami belum melihat apakah operator akan seperti itu.

Manfaat konsumen tambahan yang telah kita dengar bahas adalah bahwa eSIM harus memastikan perangkat masa depan lebih murah untuk diproduksi. Menghasilkan penghematan biaya kepada konsumen, tentu saja adalah cerita yang berbeda dan mungkin tidak akan terjadi sama sekali.

Internet of Things

Di sini, di GSMArena, kami berfokus pada ponsel terlebih dahulu dan terutama, tetapi akan sangat tidak masuk akal untuk mengecualikan perangkat lain untuk memanfaatkan eSIM. Terutama mengingat bahwa ponsel adalah inti dari bagaimana kita 'mengaktifkan' dan mengelola perangkat tersebut.
Diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan perangkat Internet of Things akan menjadi kategori penghubung terbesar, menyalip ponsel.

ESIM tidak hanya membantu perangkat yang terhubung ini bekerja tetapi juga memungkinkan kategori perangkat baru dengan lebih sedikit kompromi. Bagaimana jika Apple atau Samsung harus menyesuaikan SIM fisik ke Apple Watch Series 3 dengan Cellular dan Samsung Gear S3 frontier LTE. Mereka akan lebih besar? Dan dengan kehidupan adonan yang bahkan lebih miskin?

Produk pakaian hanya satu kategori yang mendapat manfaat dari eSIM. Pembuat otomotif, dengan dimasukkannya eSIM memungkinkan kami untuk dengan cepat menghubungkan mobil kami ke seluler.

Laptop akan mendapat manfaat dari masuknya eSIM sambil menyediakan merek dan penjual kembali kesempatan untuk menjual / menjual-silang melalui penggunaan bundel data yang fleksibel.

Masa depan

ESIM adalah masa depan tetapi tidak akan terjadi dalam semalam, lihat telepon Anda sekarang dan masih memiliki SIM fisik, dan masih akan membutuhkannya ketika Anda memberikannya kepada anak-anak Anda, anggota keluarga lain, atau menjualnya. Di Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL, eSIM saat ini hanya digunakan oleh Google Project Fi dan karenanya memiliki baki kartu Nano-SIM fisik untuk semua operator lainnya.

Yang pasti, mengingat waktu yang dibutuhkan produsen untuk memasukkan eSIM sebagai standar, adopsi operator dan siklus hidup perangkat saat ini, tidak akan memakan waktu 27 tahun lagi sebelum kita akan melihat kartu SIM fisik yang dimasukkan ke dalam sejarah sekali dan untuk selamanya.

0 komentar