Install Windows 7 Gagal, (Load Driver, A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing)

Mungkin kalian pernah mengalami ketika instal windows pada saat proses  Instalansi windows tiba tiba muncul jendela dengan tulisan "load driver"A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing,yang artinya pada proses  Install Windows Gagal menemukan driver yang diperlukan dalam proses instalasi  atau windows meminta driver lebih dulu.disini kita akan membahas beberapa faktor penyebab dan solusi dari permasalahan windows  [A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing]



Berikut beberapa faktor penyebab dan solusi dari install windows 7 (Load Driver, A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing) :

  1. Pengaturan pada bios, silahkan anda cek pengaturn pada bios anda dengan cara menekan tombol F1, F2, F10, tombol Delete (del) atau tombol Escape  (ESC) atau dengan tombol kombinasi Fn + F2. silahkan disesuaikan dengan merk laptop atau netbook anda. setelah anda berhasil masuk kedalam menu bios kemudian anda Klik Menu booting pilih boot device priority seting sesuai dengan device yang akan anda gunakan untuk instalasi windows anda (dari dvd/Usb flasdisk).langkah berikutnya klik menu advance pada bios Ubah driver dari SATA ke AHCI. atau Matikan menu SATA alihkan ke AHCI,kemudian anda save dan restart laptop anda. kemudian silahkan anda coba untuk memulai installasi windows lagi.
  2. Penyebab gagalnya instalasi windows 7 bisa disebabkan oleh rusaknya file instalasi windows yang anda gunakan.solusinya buat cd instalasi yang baru.
  3. Kurangnya catu daya listrik yang diperlukan oleh device installasi (DVD room,usb flash disk,hardisk eksternal,dvd eksternal)solusinya pindahkan device satu persatu misalnya jika anda menggunakan dvd room internal anda bisa mencoba instalasi menggunakan flasdisk,atau jika anda menggunakan flashdisk dan ternyata masih keluar peringatan (Load Driver, A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing) pindahkan flashdisk ke port lainnya.
  4. Kompabilitas port USB dari laptop yang kita install, sekarang ini hampir rata rata laptop baru menggunakan slot usb 3.0 sementara flashdisk/usb eksternal yang kita gunakan biasanya hanya suport Usb 2.0 kebawah.solusi nya pindahkan port usb yang kita gunakan.
  5. Penyebab gagalnya instalasi windows 7 dengan peringatan (Load Driver, A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing) adalah laptop keluaran terbaru,solusinya bacalah manual book dari laptop tersebut apakah laptop yang kita install itu diperuntukan untuk  windows 7 jika tidak langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari driver sata AHCI dari laptop tersebut.kemudian kemudian ekstrak file driver tersebut kedalam satu folder silahkan anda simpan folder tersebut dengan flasdisk yang lain. selanjutnya lakukan proses instalasi lagi dengan memasukan flashdisk yang berisi file driver yang sudah kita ekstrak tadi kedalam port usb yang masih kosong,untuk langkah langkah instalasinnya akan saya jelaskan dilain kesempatan
Dengan cara diatas mudah mudahan anda tidak menemui masalah lagi ketika Install Windows 7 Gagal, (Load Driver, A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing).

0 komentar