Pengertian dan Macam Macam Hosting

hosting

KlikArtikel.com - Kali ini kita akan berlajar mengenai pengertian dan macam macam hosting, apakah hosting itu?? Jika kita membuat sebuah web tentunya kita akan memerlukan sebuah media penyimpanan file-file web kita tadi, seperti fil html / php maupun file-file gambar, semua file itu kita letakan dalam sebuah media penyimpan yang di sebut hosting, jadi dapat kita simpulkan Hosting merupakan layanan penyedia ruang berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data untuk menjalakan program di tempat terpusat yang disebut sengai server dan dapat di akses semua orang yang terkoneksi inernet. Jenis penggunaan bermacam - macam berdasarkan kebutuhan, mulai dari hosting untuk web, email, FTP sampai VPN
Dibangun diatas server atau komputer berkapasitas besar dan handal yang disimpan di pusat data, dilengkapi dengan sistem pendingin dan perangkat yang mampu bekerja secara terus menerus selama 24 jam setiap harinya. Server ini juga dilengkapi dengan koneksi internet berkecepatan tinggi agar bisa memproses semua permintaan data dari klien.
Yang perlu di ketahui yaitu memilih hosting yang baik karena berpengaruh pada perfoma / kinerja website kita, karena hosting merupakan server atau hosting kita mengalami mati atau error maka website kita pun akan mati dan dan tidak dapat dikunjugi orang lain, berikut ini adalah macam - macam tipe hosting sesuai kegunaannya :
  1. Dedicated hosting adalah hosting yang paling bagus akan tetapi biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Bila kita hanya ingin membuat suatu website yang sederhana kita tidak perlu menggunakan dedicated hosting. Dedicated hosting dapat ibaratkan sebagai tanah yang sangat luas yang dapat kita buat untuk apa saja
  2. Virtual private server adalah server pribadi  dan ini sangatlah mahal. Kenapa? karena harga 1 server bisa mencapai puluhan juta rupiah selain itu untuk ruang penyimpanannya serta biaya untuk menjaga server terserbut jugalah tinggi.
  3. Reseller hosting adalah hosting yang dapat menampung beberapa domain. Jadi hanya dengan menggunakan 1 hosting maka dapat memiliki beberapa domain sekaligus. biaya untuk menggunakan hosting ini tergantung brapa besar bandwith yang anda inginkan
  4. Share hosting adalah hosting yang paling murah dan juga cocok digunakan untuk website yang sederhana. Tipe hosting ini juga kadang ditawarkan dengan gratis.
Jadi tentukan hosting sesuai dengan keperluan anda, jika anda hanya ingin membuat website sederhana bisa menggunakan share hosting, akan tetapi jika ada ingin membuat suatu server data bisa menggunakan pilihan dedicated atau Virtual Private Server.

0 komentar