Cara-cara mengatasi kecanduan game berlebihan.​

Kalian para games pasti betah berlama-lama di depan Smartphone ataupun Komputer. Sebenaranya main game itu bagus loh bro selain untuk mengurangi stress, game juga bagus untuk perkembangan otak. Terutam game puzzle dan game strategi, game ini sangat bagus untuk perkembangan otak. Dan game adalah guru les private bahasa inggris terbaik sepanjang masa :v. Banyak yang dari kalian gak ngerti bahasa inggris, apalagi saat di kelas ada ulangan bahasa inggris, kalian pasti cuma bengong aja nungguin umpan lambung dari teman sebelha kalian =D. Tapi lain ceritanya jika sudah di depan game, seakan akan bahasa bukan penghalang bagi kita untuk memainkan game yang paling kita sukai, main game dengan bahasa jepang sekalipun saya pernah mainkan padahal gak ngerti arti di dalam game tersebut hehehehe. Banyak orang yang beranggapan game membuat sseorang apatis, masa bodo dengan keadaan sekitar, dan kurang suka berinterkasi sosial dengan orang-orang sekitar. Tapi tahukah kalian dengan game, kalian bisa mengenal orang yang tinggal di negara lain, di daerah lain di Indonesia, bisa akrab dengan orang baru, dan masih banyak lagi manfaat dari game yang pernah saya rasakan selama ini.

Di balik nilai positif dari game ternyata banyak juga nilai negatif dari game loh bro. Mulai dari lupa waktu, lupa makan, lupa tuhan, lupa mandi, lupa rumah, boros, sakit-sakitan, dan satu lagi jomblo :v. Waktu wajar dalam bermain game itu 1-4 jam sehari, jika lebih dari itu pasti badan kalian mulai pegal di beberapa bagian. Ya sekitar tahun 2008 game online memang menjadi primadona bagi para gamers di Indonesia, para gamers tidak segan menghabiskan uang mereka demi game yang mereka mainkan. Saya berhenti sebagai gamers maniak baru satu bulan yang lalu, itu juga dengan perjuangan yang sangat berat. Ini tips dari saya yang pernah kecanduan game, sebelum kalian mengikuti cara saya, sebelumnya kalian harus memliki niat yang besar, dan semoga cara saya bermanfaat :).

1. Ingat Waktu
Menurut saya ini hal yang paling mendasar dalam kehidupan, seluruh hidup kita terikat dengan waktu jangan habiskan waktu kalian di dalam satu bidang, apalagi jika kalian masih muda, waktu kalian banyak, cari pengalaman seru sebanyak-banyaknya. Agar di hari tua nanti kalian bisa menceritakan kehidupan masa muda kalian kepada anak dan cucu kalian. Masa iya, nanti saat sudah tua kalian menceritakan pengalaman kalian bermain game terus kepada anak cucu kalian. Gak mungkin dan gak mendidik pastinya.

2. Tahu Diri

Cara Mengatasi Kecanduan Game Yang Berlebihan

Hal ini sangat penting, apalagi untuk anak muda jaman sekarang. Tahu diri itu yang harus kalian ketahui, kalian harus paham jika kalian main ke warnet atau bermain game berapa uang yang kalian keluarkan. Apakah uang itu hasil kerja kalian? Orang tua kalian yang membanting tulang mencari uang demi kebahagiaan kalian. Apa kalian tega melihat orang tua kalian lelah saat pulang kerja sementara kalian asyik-asyikan menghamburkan uang mereka dan bersenang senang? Sekalipun orang tua kalian kaya, apa kalian mau keluarga kalian jatuh cuma karena kalian menghabiskan uang mereka demi game? Mikir tong !!!

3. Ingat Tuhan 
                                  


Bagi kalian yang beragama kalian harus ingat tuhan, terutama untuk yang beragama muslim. Saat main game jangan lupakan solat. Kamu mau lagi main game di cabut nyawanya? Gak mau kan? Di Amerika Serikat nyatanya ada loh, saat sedang bermain game dia terkena serangan jantung dan meninggal saat bermain game. Selesaikan dulu ibadah dan PR kalian, baru main game. Tuhan dan Ibu kalian pasti tidak akan marah :).

4. Berolahrga atau cari aktifitas seru selain game yang kalian sukai.


Banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan selain main game bro. Kalian bisa berolahraga, bermain mainan tradisional bersama teman-teman di lapangan, pergi bertamasya, belajar kelompok di rumah gebetan :3, dan masih banyak lagi kegiatan positif lainnya. Kalian masih muda waktu kalian sangat banyak bro, gunakan dengan baik dan yang pasti berguna untuk kalian dan orang lain

5. Dekat dengan keluarga

Cara Mengatasi Kecanduan Game Yang Berlebihan

Keluarga adalah kebahagian bagi setiap manusia bro, jalin komunikasi antara anggota keluarga dengan baik. Banyak yang tidak bisa merasakan kebahagian keluarga yang seperti kalian rasakan. Kalian akan menyesal suatu saat jika tidak dekat dengan keluarga kalian. Okelah kalian masih muda masih senang bermain dan mencari tahu, tapi ingat orang tua kalian mereka yang membesarkan kalian, usahakan bersikap sopan dan baik kepada mereka. Berpamitan ketika ingin pergi atau main.

6. Pikirkan Masa Depan

Sebenarnya jika kalian masih sangat muda jangan berpikir terlalu jauh dulu. Pikirkan secara ralistis saja seperti, kalau lulus dari SMP saya mau masuk SMA mana ya? Nilai ulangan saya nanti gimana ya? Kalau nilai UN ku bagus masuk Unervisitas Negeri mana ya? Pikirkan sesuatu yang ada di depan kalian. Dulu saya juga suka main game tapi masih memkirkan masa depan saya kelak.

7. Sehat itu mahal

Suatu ketika saya pernah main game di warnet, siang main sore pulang, lalu malam main lagi sampai pagi. Saat pulang dari warnet pala saya sangat pusing, sampai rumah muntah-muntah, demam tinggi, saat di bawa kedokter saya terkena gejala typus. Dan biaya berobat itu lebih mahal dari biaya sewa warnet 14 jam bro. Belajar dari pengalaman saya ya bro, jangan sampai kalian menyesal gara-gara main game.

Itu cara-cara yang saya gunakan kepada diri saya sendiri untuk terlepas dari candu game yang merugikan. Nge-game itu gak salah kok bro, saya sampai sekarang juga masih main game, cuma waktu bermain game dan game yang kita mainkan itu harus wajar bro. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bro. Mulai sekarang kurangi waktu bermain game kalian, seminggu kurangi 5-10 menit saja itu sudah cukup kok, gak berat lah kurangin 5-10 hari menit seminggu. Di sini juga masih banyak thread-thread seru lainnya loh bro :).

0 komentar