Cara reset password bios / cmos



Binggung ketika masuk BIOS tidak bisa karena lupa password? Tenang saja kali ini kita akan membahas bagaimana cara reset password bios / cmos.
Langsung saja kita bahas berikut ini ada beberapa langkah kita bahas satu per satu

Cara pertama melepas batrai cmos
Semua motherboard memiliki baterai CMOS seukuran koin. Baterai ini menjaga semua setting BIOS tetap tersimpan, termasuk password, jam pada komputer dan lain-lain. Untuk mereset password BIOS, lepaskan PC dari colokan listrik, kalau laptop dari baterai dan colokan listrik juga. Buka casingnya, cari baterai CMOS, lepaskan sekitar 2-5 menit, kemudian pasang lagi. Ini akan mereset semua setting BIOS komputer anda, jadi kalau perlu ya di setting lagi.

Cara kedua dengan menggunakan jumper 

Dengan mengatur ulang jumpernya, kita bisa mereset passsword BIOS dengan mudah. Jumper yang mana yang harus di cari?
Soal lokasinya, bisa bervariasi tergantung dengan motherboard anda. Silahkan cek buku manual motherboard atau laptop anda. Kalau ndak punya, hilang atau sudah rusak tidak terbaca, carilah jumper yang letaknya di dekat baterai CMOS (tidak mesti juga sih, cuman biasanya di situ). Biasanya jumper ini ada labelnya CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacamnya. Setelah itu jika sudah ketemu, perhatikan baik-baik. Biasanya ada 3 pin, dan dengan menggunakan jumper kita akan menghubungkan pin yang di tengah dengan pin yang kiri atau yang kanan. Nah, jadi yang akan kita lakukan adalah, memindahkan jumpernya. Jika sebelumnya menghubungkan pin tengah dengan pin kiri, maka angkat jumpernya, sekarang pasang lagi dengan menghubungkan pin tengah dengan pin kanan. Kalau sudah, tunggu beberapa detik, angkat lagi jumpernya, lalu kembalikan seperti semula. Ketika memindahkan jumper komputer dalam keadaaan mati kemudian pidahkan jummpernya setelah itu hidupkan komputernya

Cara Ketiga menggunakan Command Promt
Coba booting, masuk ke MS DOS prompt, lalu ketikkan perintah di bawah ini baris per baris
debug [Enter]
o 70 2E [Enter]
o 71 FF [Enter]
quit [Enter]
Catatan: karakter pertama di baris kedua dan ketiga perintah di atas adalah karakter huruf alfabet ‘o’ bukan angka ‘0’.Kalau perintah tadi sudah dijalankan, sekarang restart komputer anda, harusnya, sekarang setting BIOS akan direset termasuk dengan password BIOS anda.
Penjelasan kode di atas karakter ‘o’ merupakan perintah untuk memberi nilai pada port IO. Angka 70 dan 71 adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses memori CMOS. Dengan memberi nilai FF, maka kita memberi tahu CMOS bahwa ada nilai yang invalid dan mereset setting CMOS termasuk password BIOS-nya.

0 komentar